MAKALAH
KOMUNIKASI
MASSA
MENGAPLIKASIKAN
CONTOH TEORI AGENDA SETTING
FENOMENA TELOLET
Untuk
Memenuhi Salah Satu tugas
Mata
Kuliah Komunikasi Massa
Disusun
oleh:
Kelompok
2
Syahrul Gunawan (45160061)
Kaka
Yudha Prawira (45150105)
Demitrio Tri Asmoro
(45160094)
Feri
Sulistyanto (45160009)
Abi Rafdi Ibnu Hasan Arifin (45160026)
Arisandi (45160052)
Muhammad Iqbal Yubiantara (45160020)
Nuryanto (45160079)
FAKULTAS
ILMU KOMUNIKASI
UNIVERSITAS
BINA SARANA INFORMATIKA
2017
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat,
karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Mengaplikasikan teori
agenda setting fenomena
telolet”.
Shalawat beriring salam senantiasa terlimpahkan kepada Baginda Nabi besar
Muhammad SAW, kepada keluarganya, para sahabatnya, dan kepada umatnya hingga
akhir zaman, Aamiin.
Karya tulis berupa makalah yang berjudul “Mengaplikasikan
teori agenda setting Fenomena
telolet” ini, merupakan
suatu karya tulis yang terbentuk atas kerja sama kelompok, di mana tugas ini
merupakan persyaratan dari aspek penilaian mata kuliah (komunikasi
massa) . Dalam
penyelesaian karya tulis sederhana ini, penulis menemukan beberapa kesulitan
berupa minimnya jurnal-jurnal yang secara spesifik membahas fenomena telolet ini. Akan tetapi berkat kerjasama kelompok melalui
diskusi dan pengamatan di lingkungan sekitar sebagai bahan penyusunan karya
tulis. Pada akhirnya karya tulis ini dapat terselesaikan meskipun masih
terdapat banyak kekurangan.
Selanjutnya dalam penyusunan karya tulis ini tidak terlepas dari bantuan, bimbingan serta
dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis
dengan senang
hati menyampaikan ucapan terimakasih kepada yang terhormat:
Akhir kata penulis mohon maaf, karena penulis
sadar sekali bahwa karya tulis ini masih banyak sekali kekurangan di sana sini, baik
dari segi penyususunan
kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima
segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah
ini. Penulis
berharap
semoga makalah ilmiah tentang “Mengaplikasikan
teori agenda seting penomena telolet” ini,
dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya para pelajar.
Bandung, 26
mei 2017
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................... I
DAFTAR
ISI.............................................................................................................. II
BAB
I PENDAHULUAN......................................................................................... 1 1.1 Latar
Belakang...................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah................................................................................. 2
1.3 Tujuan.................................................................................................. 2
BAB II ISI.................................................................................................................. 3
2,1 Pengertian
Teori Agenda Setting............................................................. 3
2,2 Sejarah Penomena “om telolet om”agenda
seting media massa................. 3
2,3 Peran
Teori Agenda Seting terhadap Penomena “om telolet om”.............. 4
2,4 Faktor
yang Menyebabkan “om telolet om” Menjadi viral........................ 5
2.5 Keberhasilan Teori Agenda Seting terhadap
Penomena Telolet
yang diperankan oleh Media
Massa......................................................... 5
2.6 Media-media yang Berperan Mengagenda
Setingkan Fenomena
“om telolet
om”....................................................................................... 6
2.7 Dampak dari Isu “om telolet om” yang
Disiarkan olah Media
kepada
Masyarakat.............................................................................. 7
BAB III
PENUTUP.................................................................................................... 9
3,1 Kesimpulan........................................................................................... 9
3,2 Saran..................................................................................................... 9
Daftar pustaka................................................................................................... 9
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Era moden ini
masyarakat sangat terpangaruh terhadap apa yang ditayangkan oleh media,
ironisnya tidak hanya mempengaruhi pola pikir tetapi juga merambah pada
perbuatan, pengaruh yang di tampillkan oleh media tidak hanya berdampak pada
oranng dewasa tetapai juga merangkul semua kalangan sampai ke anak kecil yang masih duduk di bangku sekolah
dasar (SD). seperti yang di katakan oleh
Wilbur Schram
(1950-1970) “Pada umumnya khalayak dianggap
hanya sekumpulan orang yang homogen dan mudah dipengaruhi. Sehingga pesan-pesan yang disampaikan pada mereka akan
selalu diterima”. Kebijakan dalam menyaring media sanagat di galakkan oleh
pemerintah agar tidak terjadi hal-hal
yang tidak di inginkan karena salah dalam mengkonsumsi media, tidak hanya di
sosialisasaikan kepada masyarakat umum tetapi juga pada jenjang pendidikan
sudah di ajarkan menjadi pengguna media yang baik.
Meskipun
demikian saat ini banyak sekali mesyarakat yang masih terpengaruh oleh arus
yang di bawa oleh media. Hal tersebut menjadi agenda setting
atau upaya memadai untuk menampilkan suatu isu sehingga mempengaruhi masyrakat,
salah satunya adalah penomena (om telolet om) yang menjadi viral
di kalangan masyarakat dan membuat banyak orang turun ke jalan untuk
berpartisipasi terhadap suara khas dari bus atau kendaraan transportasi umum
ini, fenomena
(om telolet om) merambah kesemua usia hal ini mencerminkan seberapa rendahnya
kemampuan
masyarakat dalam menampung pengaruh yang di tampilkan oleh media massa.
Fenomena “om telolet om” ini
hendaknya di saring terlebih dahulu sebelum di aplikasikan secara massal.
Dengan terlebih dahulu mempertimbangkan dari sisi manfaat dari fenomena
ini, berkenaan dengan hal ini dituntut perhatian dan seleksi dari para pegendali
media untuk waktu yang akan datang agar tidak terjadi pengaruh yang mewabah
dan kurang dari sisi paedahnya
bagi masyarakat.
1.2
Rumusan masalah
Berdasarkan latar
belakang yang telah di paparkan di atas
maka rumusan masalah yang akan di bahas adalah:
1. mengapa
penomena “om telolet om” menjadi viral?
2. Bagaimana
peran teori agenda setting
terhadap penomena
“om
telolet om”?
1.3 Tujuan
Dengan rumusan masalah yang telah
diutarakan di atas, tujuan penulis dalam pembuatan makalah tentang
penyimpangan sosial ini adalah agar pembaca dapat:
1.
Mendiskripsikan alasan yang menopang sehingga penomena
om telolet “om menjadi viral”.
2.
Menganalisis peran teori agenda seting terhadap
penomena “om telolet om”.
BAB II
ISI
2.1 Pengertian Teori Agenda Setting.
Teori
Agenda Setting pertama dikemukakan oleh Walter
Lippman (1965), teori ini mengemukakan bahwa kemampuan media massa untuk
mempengaruhi persepsi khalayak tentang
apa yang di anggap penting. Apa yang
di tonjolkan media hari ini akan mempengaruhi khalayak bahwa informasi itu
penting.
Khalayak bukan
saja belajar tentang isu-isu masyarakat dan hal-hal lain melalui media, meraka
juga belajar sejauh mana pentingnya suatu isu atau topik dari penegasan yang` diberikan oleh media massa. Salah
satu penekanan-penekan yang di lakukan oleh media adalah melalui Fenomena “om
telolet om” sehingga Fenomena
ini di anggap penting dan membenam di dalam pola pikir masyarkat.
2.2 Sejarah Fenomena “om telolet om” Agenda Seting Media Massa.
Bunyi telolet yang
merepresentasikan klakson bus justru muncul pertama kali bukan di Indonesia,
melainkan berasal dari daerah Timur Tengah. Bunyi itu digunakan untuk mengusir
unta yang kerap berada di jalanan. Kemudian, ada seorang pengusaha yang mendengar
bunyi khas tersebut dan membawa pulang ke Indonesia untuk digunakan sebagai
klakson bus.
Kata telolet menjadi viral baru sekitar
dua tahun belakangan ini dan dipopulerkan justru oleh anak-anak sekolah.
Sebelumnya, para pelajar ini tidak menyebut kata telolet untuk meminta sopir
membunyikan klakson. Tetapi awalnya di kenal dengan dengan kalimat “om klakson om”. Kegiatan anak-anak
tersebut murni hobi untuk mencari kepuasan bathin. Apalagi mendapat suara
telolet yang unik dan sudah dimodifikasi.
Para pemburu telolet sambil bergerombol
dan rela menunggu lama untuk menunggu bus tiba, para pemburu tersebut akan
mengacungkan jempol sambil berteriak “Pak Telolet Pak” ada juga yang teriak ‘Om
telolet Om’. Sebagian dari mereka juga ada yang sengaja menulis tulisan besar
“Om Telolet” agar dibaca oleh supir bus.
Para pemburu ini tidak hanya berasal
dari kalangan anak-anak sekolah tetepi juga menarik minat kalangan dewasa
bahkan orangtuapun untuk ikut berpartisipasi berburu telolet.
Setelah mendapat suara telolet, mereka
lalu memamerkan hasil buruan mereka dengan mengunggah rekamannya ke media
sosial, mulai dari Facebook, YouTube dan lainnya. Dengan demikian penomena ini
menjadi tontonan dan viral bahkan sambpai keluar negeri. Penomena ini juga
menarik perhatiann presiden USA Barak Obama.
2.3 Peran
Teori Agenda Seting Terhadap Fenomena
“om telolet om”.
Dengan melejitnya fenomena ini memperlihatkan bahwa peran
media sangat besar dalam menonjolkan “om telolet om” berikut beberapa bukti
dari agenda setting
terhadap Fenomena
ini:
1. Om
telolet om pada awal muncul tahun 2014 sebelum dipublikasikan oleh media merupakan hal yang biasa. Fenomena ini muncul pertama kali
pada tahun 2014. Namun belum dikenal masyarakat dan belum berdampak dan
berpengaruh masyarakat baik secara pikiran maupun tingkah laku masyrakat.
2. Setelah
dipublikasikan dan ditonjolkan oleh media pada bulan desember 2016. Setelah di sebarkan melelui
berbagai media penomene ini menjadi sesuatu yang sangat menarik perhatian khalayak
ramai.
Dari dua penjabaran di atas menujukan
bahwa teori agenda setting
sangat berpengaruh terhadap Fenomena telolet yang semulanya hanya
merupakan suara klapson biasa namun setelah disiarkan dan ditonjolkan oleh media
melebihi dari isu-isu dan fenomena yaang lainya, sehingga suara klakson
ini menjadi terkenal dan masyarakat mengenggap penting terhadap fenomena telolet tersebut.
Fenomena
telolet yang di angkat oleh media melalui kelebihanya yang ditunjukkan melalui
teori agenda setting
sangat bagus menjalankan peranya dalam mempengaruhi pikiran sampai ketingkah
laku khalayak, bahkan sekumpulan masyarakat membentuk sebuah komunitas pemburu
telolet.
2.4 Faktor yang Memyebabkan media massa Mengangkat “om
telolet om” Menjadi
viral
Berikut beberapa alasan media mengangkat
om telolet om menjadi penomena yang di
tonjolkan dari pada pristiwa yang lainya:
1. Mengandung
konten yang aneh.
Yang membuat om telolet om menjadi viral salah satunya karena
mangandung konten yang aneh.semakin aneh isi sebuah tren masyarkat semangkin
mengingatnya karna konten yang aneh di anggap membosankan lalu mudah di
lupakan.
2. Membawa
sisi humor.
Bebrapa orang menganggap apa yang di pasang oleh
supir bis ini membawa sisi humor dan mengundang tawa. Sehingga menarik semua
kalangan untuk terlibat dalam penomena ini, para pemburu juga ingin di kenal
melalui adegan telolet yang mereka apload ke media sosial karna banyak
salluuran televisi yang mengekspos fideo telolet yang di espos di media.
3. Judul
yang eart-catchy (mudah di ingat)
Fenomena
om telolet om terdengar singkat,unik,aneh,
seirama namun sangat mudah di ingat, Hal ini adalah salah satu faktor yang
membuat om telolet om menjadi Viral.
2.5 Keberhasilah Teori Agenda
Seting Terhadap Penomena Telolet yang di Perankan
oleh
Media Massa.
Fenomena telolet merupakan
fakta nyata akan kekuatan teknologi komunikasi media massa. dengan
karakter khasnya yang menengahkan prosumer isu besar atau penting dan
sebaliknya ditentukan oleh media sebagai pembentuk opini publik. Sehingga
penomena ini merambah sampai pada ke negara
australia “ intelligence asal Australia Isentia” telah melakukan pemantauan terhadap
fenomena 'om telolet om' yang mulai terkenal sejak 19 Desember
lalu. Penelitian yang dilakukan hingga 23 desember, menurut General
Country Manager Isentia Jakarta, Luciana Budiman, tren percakapan terkait 'om
telolet om' sudah mencapai puncaknya pada 21 Desember.Berdasarkan pantauanya,
netizen lokal yang membicarakan isu ini di berbagai media sosial mencapai
titik terbanyak pada tanggal tersebut. Karena netizen luar juga memperbincangkan, pembicaraan
tetang telolet dari Amerika dan Inggris dengan jumlah
pergerakannya mencapai ribuan per harinya.
Secara umum, total pembicaraan mengenai
topik ini mencapai 176.984 (96.81%) buzz selama lima hari ini untuk
netizen lokal. Sementara untuk netizen Inggris, total buzz yang dihasilkan
adalah 1968 (1.07%) dan netizen Amerika mencapai 5.766 (3.12%). netizen
Amerika lebih banyak daripada Inggris karena salah satu faktor penyebabnya
lantaran Presiden Obama sempat membahas ini di akun Twitter-nya. "Sebagai
seorang top influencer, tentu ini sangat berpengaruh terhadap meningkatnya
trafik pembicaraan".
“ Om telolet om' tak hanya muncu saat
membahas bunyi klakson. Tapi di digunjingan seperti musik, kampanye
politik, pujian, hingga nasihat keagamaan. "Ini membuktikan
bahwa kreatifitas orang Indonesia dalam menciptakan sesuatu yang booming
dari hal-hal yang biasa ternyata diapreasiasi oleh masyarakat dunia.
2.6 Media-Media yang Berperan menjadi
Agenda Setting
Fenomena
“om telolet om”.
Fenomena om telolet om
tidak hanya firal di media sosial seperti instagram,youtube,fecebook tetepi
juga di siarkan oleh media-media besar yang ada di indonesia seperti televisi
dan koran pada tabel berikut ini:
no
|
Media penyiar
|
Judul yang di angkat
|
1
|
|
|
2
|
Menhub buka kontes om telolet om
di terminal pulo gebang
|
|
3.
|
|
|
4
|
dari indonesia om telolet om mewabah |
|
5
|
|
|
6
|
|
Menhub bantah penggunaan telolet
|
7
|
Awal sejarah om telolet om jadi
wabah
|
2.7 Dampak dari isu om telolet om
yang di siarkan oleh media kepada masyarakat.
A. Dampak
negatif
Ø Berpotensi
mengancam keselamatan
para pemburu
ingin mencoba om telolet om chalenge sehingga mereka nekat berdiri di pinggir
jalan untuk menunggu bis yang lewat. Hal ini sangat membahayakan, baik bagi
pengguna jalan lainnya atau yang bersangkutan.
Ø Mengakibatkan
kemacetan
kemungkinan
besar menimbulkan macet, karna banyaknya massa yang turun ke jalan untuk
mencoba tren ini jalanan menjadi ramai dan mengakibatkan kemacetan. -
mengganggu konsentrasi pengguna jalan lainnya, pengguna jalan yang penasaran
dengan apa yang massa lakukan saat melakukan aksi om telolet om akan terpaku
dan terpana sehingga mereka tidak berkonsentrasi dalam mengemudikan kendaraan
(kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas).
Ø Anak-anak
berkeliarandi jalan tanpa pengawasan orang dewasa
bahaya untuk
anak anak,ternyata bukan hanya para remaja atau orang dewasa saja yang ingin
mencoba tren om telolet om ini, banyak anak anak sengaja berdiri di pinggir
jalan dan mempraktekan tren ini sampai sampai mereka berlarian mengejar bus
yang membunyikan klakson om telolet om.
B.
Dampak positif
Ø Mengenalkan
Transportasi Umum, Terutama Bus
Ø Menggalakkan
Program Kegiatan Luar Rumah
Ø Membuat
Pemilik Bus Lebih Merawat Bus-nya
Ø Banyak
Bermunculan Sopir-Sopir Bus Ganteng
Ø Hiburan
Tersendiri Buat Para Penumpang Bus
Ø Memunculkan
Kreatifitas Para Sopir Bus
BAB III
PENUTUP
3.1 kesimpulan
Media messa memiliki forsi yangbesar
dalam mengendalikan pola pikir masyarakat. dengan
isu-isu yang yang di tonjolkan dari pada isu yang lainya sehingga masrakat menganggapnya
penting salah-satu contohnya adalah penomena telolet.
Fenomena telolet
merupakan kegiatan berburu suara bis yang lewat di jalanan dan mempostingnya di
media. Penomena ini mewabah pada semua kalangan, mulai dari orang dewasa sampai
anak-anak, alasan mereka melakukan kegiatan berburu suara bis ini adalah
megikuti penomena yang lagi viral, telolet juga memiliki dampak positif dan
negatif.
3.2 Saran
Penulis menyarankan
pada semua kalangan agar mengoreksi dan menyaring terlebih dahulu terhadap apa
yang di tayangkan oleh media. Agar menjadi pengguna media massa yang bijak.
Daftar
Pustaka
Arif
Widodo.2016.”7 Manfaat Telolet”.jakarta.
Rini.2016.”Aksi Sopir Mainkan Klakson.jawa timur.
Faik
Hidayat.2016.Menhub Buka Kontes “om telolet om”.Detik News.Jakrta.
Free Online Baccarat - The World's #1 Online Casino
BalasHapusPlay online baccarat online for 실시간 바카라 사이트 추천 real money at an affordable price. Learn how to play, win real money playing baccarat, slots, and table games online